Artikel
KEGIATAN PRAKTIK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI
Tanggal : 27/11/2023, dibaca 695 kali.KEGIATAN PRAKTIK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI
Oleh : Heri Winartiyono, S.Hut.
Dunia pendidikan dihadapkan pada permasalahan yang kompleks. Seiring dengan pertumbuhan waktu dunia pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia industri atau dunia kerja saat ini semakin membutuhkan tenaga-tenaga siap pakai yang berkompetensi di bidangnya agar dapat memberikan keuntungan yang di butuhkan oleh dunia industri. Dengan begitu kesempatan kerja yang tidak diimbangi dengan kesiapan kerja karena kekurangan pengalaman menuntut lembaga pendidikan menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan kejuruan dengan tugas yang diemban untuk memproduksi tenaga-tenaga terampil yang berkompeten di bidangnya yang sesuai dengan permintaan masyarakat pada umumnya, dan dunia industri pada khususnya. Dimana lulusan-lulusan SMK dituntut memenuhi spesifikasi dan kualifikasi, keahlian dan ketrampilan.
Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan siap pakai kalau mereka mempunyai kecakapan nyata dalam bidang yang ditekuninya. Lulusan SMK disini lebih ditekankan pada SMK bagian Keteknikan, dituntut mempunyai kecakapan dalam ranah kognitif. Juga dituntut dalam psikomotor dan afektif. Untuk mencapai kecakapan nyata siswa perlu belajar baik teori maupun praktek. Tingkat kecakapan nyata siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang menggambarkan kompetensi yang dimiliki siswa, sebagai faktor penentu terhadap mutu lulusan serta kesiapan dalam menghadapi dunia industri. Pada jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) siswa diberikan kemampuan ketrampilan praktek yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia.
Pada jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) siswa diberikan kemampuan ketrampilan praktek yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dunia.
industry yang terus meningkat dan berkembang pesat. Dengan pola pengajaran yang diberikan dapat diharapkan bisa menjadi penunjang siswa dalam mempunyai kompetensi yang baik di bidangnya serta minat yang tinggi dalam memasuki dunia industri nantinya.
Salah satu kompetensi menjadi tuntutan atau kebutuhan saat ini adalah kompetensi bidang konstruksi kayu (cabinet making) dan konstruksi batu beton (bricklaying dan wall and floor tilling) . Kayu sampai saat ini banyak dibutuhkan dalam dunia industri. Meskipun banyak jenis material lain yang bisa menggantikan peran kayu, akan tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa digantikan peranan dari kayu tersebut. Keterampilan Praktek yang sudah diterapkan saat ini salah satunya membuat standing pot dari kayu. Bahan yang dipakai adalah kayu- kayu sisa yang bisa dimanfaatkan untuk dijual dengan finishing yang menarik dan desain yang kekinian.
Gb.1 Kegiatan praktek berorientasi dunia industri
Gb.2 Produk hasil kegiatan praktek siswa
Pengirim : Heri Winartiyono, S.Hut.
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- Implementasi IDLE di SMKN 2 Sragen
- MENJADI GURU ABAD 21 ITU SEPERTI AANG MENJADI SEORANG AVATAR
- MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROJEK BASED LEARNING (PjBL) MAPEL IPAS
- Studi kasus Meningkatkan motivasi dan hasil belajar Perbaikan Peralatan Listrik
- STUDY KASUS : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK
Komentar :
Kembali ke Atas