Banner
Bursa Kerja Khusus
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Agenda
22 May 2024
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

MENJADI GURU ABAD 21 ITU SEPERTI AANG MENJADI SEORANG AVATAR

Tanggal : 18/04/2024, dibaca 76 kali.

MENJADI GURU ABAD 21 ITU SEPERTI AANG MENJADI SEORANG AVATAR

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum

Dosen PBSI FKIP UNS, & Penggiat Literasi Arfuzh Ratulisa

rohmadi_dbe@yahoo.com/

====================

Agusta Tri Rusandi, S. Pd

Mahasiswa PPG Prajab UNS

agustatata@gmail.com 

===================

 

Film Avatar The Legend of Aan milik Netflix merupakan film yang sedang populer saat ini. Perjuangan Aang sebagai tokoh utama dalam film untuk menjadi seorang Avatar. Avatar adalah sebuah tokoh yang digambarkan memiliki berbagai keahlian dalam menciptakan perdamaian dunia. Keahlian avatar antara lain : menguasai keempat elemen udara, air, tanah, dan api. Seperti seorang Avatar, guru abad 21 ini juga harus memiliki berbagai keterampilan untuk menjalankan tugasnya. Keterampilan yang dimiliki guru abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis (critical thinking), keterampilan berkomunikasi (communication skill), keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), dan keterampilan berkolaborasi (collaboration skill).

Perjalanan awal seorang Aang adalah menguasai elemen udara. Elemen udara memiliki sifat bijak, suka bertanya, dan berpikir kritis. Seperti itulah keterampilan berpikir kritis yang harus dikuasai seorang guru abad 21. Guru haruslah memiliki ketrampilan itu untuk menumbuhkan kemampuan peserta didik dalam berfikir kritis terhadap suatu. Perserta didik memiliki minat untuk selalu ingin tahu terhadap suatu isu dan bijak dalam berpikir. Peserta didik dapat menganalisis argumen, membuat kesimpulan dengan penalaran yang utuh, menilai dan mengevaluasi dalamm menyambut era teknologi abad 21. Hal tersebut akan tercapai bila seorang guru juga memiliki ketrampilan lberpikir kritis.

 

 

 

Elemen kedua yang dikuasai Aang adalah mengendalikan air. Air merupakan elemen dasar yang dibutuhkan seseorang mulai dari kecil. Keterampilan berkomunikasi adalah kebutuhan diri manusia mulai dari kecil hingga dewasa dalam membangun sosialisasi dengan orang lain. Guru abad 21 semestinya harus memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang guru. Peserta didik akan lebih mudah dalam mencapai tujuan belajarnya, apabila seorang guru memiliki kemampuan yang baik dalam komunikasi dalam proses pembelajaran. Keterampilan berkomunikasi inilah yang juga harus diberikan kepada peserta didik dalam membangun relasi dengan orang lain untuk mencapai kehidupan yang bermakna.

Setelah menguasai dua elemen, Aang tidak berhenti disana, ia terus belajar menguasai elemen bumi. Elemen bumi memiliki sifat kaku dan keras namun jika bertemu dengan orang yang kreatif akan menjadi bentuk yang artistik dan indah. Guru abad 21 memiliki peran utama dalam menciptakan kelas yang aktif dan menyenangkan. Salah satunya harus memiliki keterampilan berpikir kreatif dalam merancang pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Guru abad 21 haruslah memiliki gagasan, ide, dan update dengan hal-hal baru pada era globalisasi teknologi. Selain itu, rancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru, haruslah memuat kemampuan untuk memunculkan keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik.

Dalam melengkapi kemampuannya, Aan belajar pengendalian elemen api. Dia mengalami kesulitan belajar karena elemen api memiliki sifat merusak dan panas, bertentangan dengan elemen udara yang telah dia kuasai dari kecil. Aan tidak pernah patah semangat, ia selalu belajar, dan berkenalan dengan banyak guru untuk memperlajari hal baru. Guru abad 21 hanya akan menjadi “katak dalam tempurung” jika tidak mau membuka diri dengan orang lain. Keterampilan berkolaborasi merupakan salah satu pengembangan diri dan pengetahuan. Merasa diri paling pintar bukanlah hal yang pintar karena pengetahuan seperti lautan semakin diselami semakin dalam. Guru abad 21 harus mau bekerja sama dan berbagi pengetahuan dengan tim. Dengan bagitu guru abad 21 akan memiliki gambaran beragam tentang pembelajaran yang baik bagi peserta didik.

Diakhir film The Lengend of Aang, diceriterakan bahwa dia melawan Raja Kerajaan Api bernama Ozhai. Namun karena Aan sudah berhasil menguasai ke-empat eleman dan menjadi seorang avatar, ia dengan mudah mengalahkan Raja Ozhai. Banyak yang mengira bahwa musuhh utama Aan adalah Raja Ozhai namun dalam pada kenyataannya, musuh utama adalah diri sendiri. Guru abad 21 harus mau terus belajar dalam meningkatkan kompetensinya. Guru abad 21 tidak boleh berpuas diri dengan pencapaiannya. Guru abad 21 harus selalu berpikir kritis terhadap isu terkini dan memiliki kecakapan komunikasi yang baik. Guru abad 21 juga harus berpikir kreatif dan mau berkolaborasi dengan guru lain dalam pengembangan kompetensinya, hingga akhirnya guru abad 21 akan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

 


Pengirim : Agusta Tri Rusandi, S. Pd Mahasiswa PPG Prajab UNS
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas