Artikel
MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Tanggal : 12/12/2022, dibaca 465 kali.MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Oleh : Tyas Larasati, S.Pd. Guru DPIB SMKN 2 Sragen
Semenjak pandemik Covid-19, terlihat bahwa kesiapan tenaga pengajar dan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK), relatif baik dan terus meningkatkan kualitasnya. Namun, muatan pembelajaran masih perlu terus disempurnakan agar lebih interaktif dan inovatif sehingga memungkinkan siswa dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Daya dukung teknologi juga perlu terus ditingkatkan kualitasnya, sebagaimana fasilitas yang digunakan perusahaan-perusahaan penyedia konten (Harnani Sri, 2020).
Pintrich dan Schunk mengatakan bahwa secara umum banyak yang mengaitkan minat dengan motivasi. Dikatakan bahwa minat merupakan aspek penting motivasi yang mempengaruhi perhatian, belajar, berpikir, dan berprestasi (Mikarsa Hera Lestari, dkk.,2009). Indikator minat ada empat, yaitu: 1) Perasaan Senang. Seorang siswa yang memiliki perasaan senang atau suka terhadap suatu mata pelajaran, maka siswa tersebut akan terus mempelajari ilmu yang disenanginya. Tidak ada perasaan terpaksa pada siswa untuk mempelajari bidang tersebut. 2) Ketertarikan Siswa. Berhubungan dengan daya gerak yang mendorong untuk cenderung merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan atau bisa berupa pengalaman afektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. 3) Perhatian Siswa. Perhatian merupakan konsentrasi atau aktivitas jiwa terhadap pengamatan dan pengertian, dengan mengesampingkan yang lain dari pada itu. Siswa yang memiliki minat pada objek tertentu, dengan sendirinya akan memperhatikan objek tersebut. dan 4) Keterlibatan Siswa. Ketertarikan seseorang akan suatu objek yang mengakibatkan orang tersebut senang dan tertarik untuk melakukan atau mengerjakan kegiatan dari objek tersebut (Situmorang Adi S. dkk., 2019).
Ada begitu banyak media pembelajaran yang telah digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran (materi ajar) kepada peserta didiknya. Kemunculan media pembelajaran online sudah lama ada, tetapi semakin merebak di Indonesia, semasa pandemik covid-19 karena banyak sekolah beralih ke pembelajaran dengan memanfaatkan media online/ daring, dan satu alat yang siap pakai untuk pekerjaan itu adalah Microsoft Teams for Education. Microsoft Teams for Education merupakan salah satu media pembelajaran online yang dirancang di dalam microsoft 365.
Microsoft Teams adalah hub digital yang menyatukan percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat, memungkinkan guru menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Microsoft bertujuan untuk menawarkan pengalaman belajar jarak jauh sebagai pribadi, menarik dan terhubung secara sosial seperti belajar di kelas. Microsoft Telas memungkinkan siswa dan guru dapat tetap berkomunikasi dan saling membantu menggunakan percakapan, dan dapat merasa seperti mereka bertemu langsung menggunakan pertemuan langsung. Guru dapat melacak kemajuan siswa dalam pekerjaan sehari-hari mereka menggunakan Tugas. Dan, sama seperti di ruang kelas, guru dapat menggunakan aplikasi dan fungsi Tim untuk mendukung cara mereka bekerja terbaik (Tim Office 365, 2020).
Dalam Microsoft Teams, guru dapat dengan cepat berkomunikasi dengan siswa, berbagi file dan situs web, membuat Buku Catatan Kelas OneNote, dan mendistribusikan serta menilai tugas. Buku Catatan Kelas OneNote yang terintegrasi dan manajemen tugas ujung ke ujung memungkinkan guru untuk mengatur pelajaran interaktif dan memberikan umpan balik yang efektif dan tepat waktu. Administrator dan staf sekolah dapat tetap mengetahui dan berkolaborasi menggunakan Tim Staf untuk pengumuman dan percakapan topikal. Pendidik dapat berbagi materi pengajaran menggunakan Komunitas Pembelajaran Profesional. Tim Kelas dapat digunakan untuk membuat ruang kelas kolaboratif, menyediakan platform pertemuan virtual, memfasilitasi pembelajaran dengan tugas dan umpan balik, dan memimpin panggilan langsung dengan siswa (Tim Office 365, 2020). Berikut adalah gambar microsoft teams for education.
Gambar 1. Gambar tampilan awal kelas pada microsoft teams for education.
Gambar 2. Gambar file untuk membagikan materi ajar pada microsoft teams for education.
Gambar 3. Gambar form untuk evaluasi pembelajaran pada microsoft teams for education.
Daftar Pustaka :
Situmorang, Adi S. 2020. Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dengan Pendekatan Ilmiah Terhadap Kemampuan Representatif Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UHN. Medan: Jurnal Penelitian bidang Pendidikan 1(2):(1-7).
Tim Office 365. 2020. Menggunakan Microsoft Teams untuk Kelas Online (Remote Learning) https://365.telkomuniversity.ac.id/menggunakan-microsoft-teams-untuk-kelas- online-remote-learning/
Pengirim : Tyas Larasati, S.Pd. Guru DPIB SMKN 2 Sragen
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- MENJADI GURU ABAD 21 ITU SEPERTI AANG MENJADI SEORANG AVATAR
- MEMBANGUN KESADARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROJEK BASED LEARNING (PjBL) MAPEL IPAS
- Studi kasus Meningkatkan motivasi dan hasil belajar Perbaikan Peralatan Listrik
- STUDY KASUS : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK
- Best Practice Penerapan pembelajaran inovatif
Komentar :
Kembali ke Atas