Banner
Bursa Kerja Khusus
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Agenda
19 August 2022
M
S
S
R
K
J
S
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

24 Mahasiswa UMS Mengikuti Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 di SMK Negeri 2 Sragen

Tanggal : 02/08/2022, 07:56:14, dibaca 160 kali.

Senin, 07 Februari 2022, bertempat ruang meeting SMK Negeri 2 Sragen, dilakanakan serah terima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP1), dengan sekolah mitra PLP1 SMK Negeri 2 Sragen.

Dengan didampingi Dosen Pendamping PLP1 bapak Mujazin, S.Pd, M.A, sebanyak 24 Mahasiswa hadir di ruang meeting SMK Negeri 2 Sragen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala SMK Negeri 2 Sragen Dr. Sutikno, S.Pd, M.Pd, dan guru Pamong masing masing Prodi.

 

 

Para mahasiswa calon guru dari Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, akan melakukan praktek pengenalan lapangan di SMK Negeri 2 Sragen, selama 2 minggu akan melakukan observasi persekolahan & pengenalan budaya sekolah.

Dikutip dari Buku Pedoman Program Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 tahun 2022, Kegiatan PLP 1 merupakan kegiatan intrakurikuler untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa melalui pengamatan/observasi untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah. Kegiatan PLP 1 adalah tahapan awal bagi mahasiswa dalam melaksanakan program magang di sekolah dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP UMS di semester 3. PLP 1 memiliki tujuan untuk membangun pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan menguatkan kompetensi akademik mahasiswa sehingga dapat memahami segala bentuk pengelolaan pendidikan di sekolah. Mahasiswa FKIP UMS adalah calon guru sehingga sejak dini mahasiswa perlu dikenalkan dengan budaya-budaya yang ada di sekolah sehingga mahasiswa akan lebih terbiasa dengan pengelolaan pendidikan di sekolah.

Capaian pembelajaran dalam PLP I ini sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan karakteristik umum peserta didik yang kelak akan menjadi tanggung jawab dalam praksis kependidikan. 2) Mendeskripsikan struktur organisasi dan tata kerja sekolah. 3) Mendeskripsikan peraturan dan tata tertib sekolah. 4) Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan seremonial-formal di sekolah. 5) Mengidentifikasi kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 6) Mendeskripsikan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. 7) Mendeskripsikan suasana belajar-mengajar pada Pertemuan Tatap Muka Terbatas. 8) Mendeskripsikan implementasi adaptasi baru belajar mengajar di sekolah. 9) Mendeskripsikan pola interaksi peserta didik di sekolah pada Pertemuan Tatap Muka Terbatas. 10) Mendeskripsikan pola interaksi antar guru di sekolah pada Pertemuan Tatap Muka Terbatas.11) Mendeskripsikan evaluasi belajar mengajar di sekolah Pertemuan Tatap Muka Terbatas.

 

 

 

Program studi mahasiswa yang mengikuti kegiatan PLP 1, antara lain Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan teknik Informatika, Pendidikan Olah Raga. Guru SMK Negeri 2 Sragen yang bertugas sebagai guru pamong mahasiswa PLP 1 sebagai berikut :

1. Dra. Febti Lita Yulianti guru pamong Mapel Bahasa Indonesia

2. Fajar Wahjoeni, S.Pd guru pamong Mapel Bahasa Inggris

3. Nur Awalludin, S,kom guru pamong Mapel Pendidikan TIK

4. Winarni, S.Pd guru pamong Mapel Matematika

5. Moh. Mahlusi, S.Pd  guru pamong Mapel Olahraga

6. Imawati Fauziah, S.Ag guru pamong Mapel Pendidikan Agama Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas