Banner
Bursa Kerja Khusus
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Agenda
03 February 2023
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

KEGIATAN PRAKTIK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI

Tanggal : 12/12/2022, dibaca 70 kali.

 KEGIATAN PRAKTIK YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DUNIA INDUSTRI

Oleh : Tyas Larasati, S.Pd

Dunia  pendidikan  dihadapkan  pada  permasalahan  yang  kompleks.  Seiring  dengan pertumbuhan  waktu  dunia  pendidikan  di  Indonesia  mengalami  perkembangan  sesuai dengan  tuntutan  kemajuan  teknologi  yang  semakin  pesat.  Tidak  dapat  dipungkiri bahwa  dunia  industri  atau  dunia  kerja  saat  ini  semakin  membutuhkan  tenaga-tenaga siap pakai yang berkompetensi di bidangnya agar dapat memberikan keuntungan yang di  butuhkan  oleh  dunia  industri.  Dengan  begitu  kesempatan  kerja  yang  tidak  diimbangi dengan kesiapan kerja karena kekurangan pengalaman menuntut lembaga pendidikan menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidangnya. Sekolah   Menengah   Kejuruan   (SMK)   sebagai   lembaga   pendidikan   kejuruan dengan   tugas   yang   diemban   untuk   memproduksi   tenaga-tenaga   terampil   yang berkompeten   di   bidangnya   yang   sesuai   dengan   permintaan   masyarakat   pada umumnya,  dan  dunia  industri  pada  khususnya.  Dimana  lulusan-lulusan  SMK  dituntut memenuhi spesifikasi dan kualifikasi, keahlian dan ketrampilan.

 Lulusan  Sekolah  Menengah  Kejuruan  (SMK)  akan  siap  pakai  kalau  mereka mempunyai kecakapan nyata dalam bidang yang ditekuninya. Lulusan SMK disini lebih ditekankan pada SMK bagian Keteknikan, dituntut mempunyai kecakapan dalam ranah kognitif. Juga dituntut dalam psikomotor dan afektif. Untuk mencapai kecakapan nyata siswa  perlu  belajar  baik  teori  maupun  praktek.  Tingkat  kecakapan  nyata  siswa  dalam belajar  dapatdilihat  dari  hasil  belajar  yang  menggambarkan  kompetensi  yang  dimiliki siswa,   sebagai   faktor   penentu   terhadap   mutu   lulusan   serta   kesiapan   dalam menghadapi dunia industri. Pada jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) siswa diberikan kemampuan  ketrampilan  praktek  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat  dunia.

Pada jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) siswa diberikan kemampuan  ketrampilan  praktek  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  masyarakat  dunia.

industry yang terus meningkat dan berkembang pesat. Dengan pola pengajaran yang diberikan   dapat   diharapkan   bisa   menjadi   penunjang   siswa   dalam   mempunyai kompetensi  yang  baik  di  bidangnya  serta  minat  yang  tinggi  dalam  memasuki  dunia industri nantinya. 

Salah   satu   kompetensi   menjadi   tuntutan   atau   kebutuhan   saat   ini   adalah kompetensi  bidang  konstruksi  kayu.  Kayu  sampai  saat  ini  banyak  dibutuhkan  dalam dunia  industri.  Meskipun  banyak  jenis  material  lain  yang  bisa  menggantikan  peran kayu,  akan  tetapi  ada  beberapa  hal  yang  tidak  bisa  digantikan  peranan  dari  kayu tersebut. Keterampilan Praktek yang sudah diterapkan saat ini salah satunya membuat standing pot dari kayu. Bahan yang dipakai adalah kayu- kayu sisa yang bisa dimanfaatkan untuk dijual dengan finishing yang menarik dan desain yang kekinian.

 

 

 

                        

 

 

                   

 


Pengirim : Tyas Larasati, S.Pd. Guru DPIB SMKN 2 Sragen
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas